Cara Membuat Peta dengan Adobe Illustrator

Fuiiih...akhirnya bisa ngeblog lagi. Setelah sebulan penuh menjalani perantauan di pelosok KKN, finally, bisa mikirin blog ini lagi.

Bagaimana KKNnya? seru ngak? Alhamdulillah seru banget!
Kepala desanya baik hati, dan juga warganya sangat friendly. Nama desanya itu Pante, kecamatan Simpang Tiga, kabupaten Pidie, Aceh.

Sebagaimana kita ketahui bersama ya, dalam masa KKN itu kan kita ada program-program ya, baik itu sesuai bidang kuliah kita, bakat, atau sekedar bantu-bantu kawan. Nah berhubung bakat dan hobi saya tuh di bidang desain grafis, maka jatuhlah pilihan program penunjang saya itu "Membuat Peta".
Lalu bagaimana sih Cara Membuat Peta dengan Adobe Illustrator?

Apa itu peta?

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.

Udah tau kan peta itu apa? oke langsung saja keintinya gan!

Jadi gini, sewaktu lagi masa KKN, saya membuat peta dengan menggunakan bantuan dari 3 pihak :

1. Kades, bantuannya berupa observasi langsung kelapangan.

2. Pecitraan Google Maps.

3. Software Adobe Illustrator

Jadi proses pembuatannya itu cukup gampang gan, begini caranya :

1. Saya buka Google Maps lalu mengetikkan kata kunci "Pante, Simpang Tiga".

2. Udah muncul tuh desanya, terus saya zoom sebesar mungkin yang bisa muat di layar (tapi jangan lupa semua batas desanya nampak). Berhubung laptop saya 14 inch, otomatis yang bisa saya tangkap 1366x768 px.

3. Setelah itu screenshot peta tersebut dengan menekan tombol PrtSc di keyboard agan, dan pastekan di aplikasi Paint. Simpan!

Screenshot google maps

Sampai tahap ini sudah ngerti kan? oke, sekarang kita masuk ke proses pembuatan atau pendesain petanya.

1. Buka software Adobe Illustrator, dan buat dokumen baru. terserah ukuran apa, buat saja 1000x600px, saya menggunakan versi CS6 ya gan.

2. Copy dan pastekan hasil screenshot tadi di dokumen baru tersebut. Lock screenshot tersebut dengan menekan Ctrl + 2 di keyboard agan.

3. Zoom in artboardnya dengan menahan Alt sambil menggulirkan mouse. Sudah gan, nah sekarang kita mulai tracing jalannya dulu gan, pakai pen tool. Taruh aja warna suka-suka agan, yang penting nampak aja gan.

4. Bedakan warna untuk jalan utama, jalan desa, jalan setapak dan irigasi ya!

Tracing warna jalan

5. Setelah semua jalan siap, sekarang tracing batas-batas dusun yang ada didesa tersebut, karena di desa Pante ada 4 dusun, maka saya membelah dengan memberikan warna yang berbeda untuk masing-masing dusunnya.

6. Buat sawah, dan letakkan warna hijau.

7. Setelah itu, buka Freepik.com dan download vektor Rumah, pohon, mesjid, pasar, apapun yang agan butuhkan. Gratis kok!

freepik.com

8. Setelah didownload, buka file tadi, dan salin ke artboard peta agan, dikecilin, diletakkan sesuai lokasi yang sebenarnya.

edit tempat dan jalan

9. Siap! tinggal membuat nama untuk tiap-tiap tempat dan jalan tersebut.

Oya gan, jangan lupa buat legendanya juga, terus buat skalanya, arah mata angin, dan kalau bisa dibuat juga inset kecamatannya.

legenda dan skala

Ngerti kan gan? mudah kan? semoga saja tutorial cara membuat peta menggunakan adobe illustrator dari saya ini bermamfaat untuk agan ya!

Ini gan hasil akhir peta yang telah saya buat dengan menggunakan Adobe Illustrator!

peta/map yang telah siap

Post a Comment