Share Pengalaman Projek Desain Logo Travel Bernuansa Islami

Hasil akhir

Oke, jadi gini. Kemaren saya mendapat tawaran projek logo dari kawan sesama desainer. Logo yang dipesan yaitu logo travel jenis pesawat yang berkonsep islami. Awalnya saya sempat bingung harus membuat apa, karena dari pihak client sendiri ingin agar logo tersebut nantinya bisa dikenal sebagai agen travel bernuansa islami. Saat itu client menetapkan kriteria logo : Simple, Exclusive & Islamic Travel.

Awalnya saya tidak tau kalau travel ini berjenis angkutan pesawat, awalnya saya kira bus. jadilah saya memikirkan tentang konsep yang menyangkut tentang bus. Pada saat itu saya berpikir kalau langsung membuat gambar bus, maka terlalu frontal. Jujur saya kurang suka yang seperti itu, saya suka logo yang memiliki makna atau sekedar perbandingan.

Setelah berpikir sekian lama, saya memutuskan untuk mengganti unsur bus dengan unta. Kenapa unta? Karena unta pada masa Kenabian adalah binatang yang dipakai sebagai sarana transportasi oleh bangsa-bangsa arab, dan juga hewan ini cukup tangguh meski di padang pasir sekalipun. Hal itulah yang menginspirasi saya untuk menjadikannya sebagai dasar desain logo travel ini, yaitu dengan motto Cepat, Aman dan Bertenaga.

Untuk membuat kesan islaminya semakin muncul, saya meletakkan kubah mesjid dibelakangnya (unta) sebagai pengganti punuk unta. Seperti inilah sketsa awalnya :

sketsa untuk bus

Ketika saya sudah yakin ingin memakai konsep tersebut dan mengaplikasikannya dalam logo nyata, tiba-tiba teman saya bilang, jenis travelnya pesawat ya!

Beuuuhhh!! Terpaksa saya harus memikirkan ide konsep dari awal lagi.

Pesawat ya? Saat itu saya bermaksud menggunakan burung sebagai pengganti pesawat, tapi saya merasa kurang cocok. Meskipun menurut saya, burung itu sendiri mewakilkan beberapa makna, dalam hal ini seperti Cepat, Terbang dan Pembawa (zaman dahulu digunakan sebagai alat pembawa surat). Sangat cocok kan untuk mewakilkan pesawat?

Namun saya rasa banyak orang yang akan bingung nantinya kalau saya gunakan burung, maka oleh karena itu saya memilih untuk tetap menggunakan identitas pesawat langsung. Digabung dengan konsep pertama tadi, saya bermaksud untuk tidak menghilangkan kubah mesjidnya. Jadi setelah berpikir sejenak, maka sketsa awal dibawah ini pun muncul :

sketsa awal untuk pesawat

Saya bermaksud menggabungkan unsur pesawat dengan kubah mesjid untuk menonjolkan kesan islaminya, terus saya juga membuat highlight berupa lintasan pesawat untuk menonjolkan sisi CEPAT-nya.


Sesudah saya rasa fix dengan ide dan konsep tersebut, saya aplikasikan kedalam bentuk vektor logo. Saya menggunakan aplikasi Adobe Illustrator CS6. Hasil akhirnya seperti dibawah ini :

pengaplikasian konsep
hasil akhir

Untuk pemilihan warna tidak ada makna khusus, saya hanya menggabungkan 3 buah warna untuk menunjukkan kesan elegan. Ditambah dengan nama travel tersebut "Almuner Travel" yang saya tuliskan dengan menggunakan Font Geared. Maka jadilah logo tersebut.

Memang mendesain sebuah logo menggunakan aplikasi pemvektoran itu sangatah mudah, tetapi mencari ide dan konsep yang akan digunakan sebagai logo itu sendiri adalah inti langkah yang sebenarnya dari proses pembuatan sebuah logo. Dan disinilah bagian sulitnya, "Mendapatkan Ide". Makanya, budaya plagiat itu sangatlah tidak baik, karena selain membuat orang lain rugi, plagiat juga dapat membuat otak kita malas untuk berpikir. Lebih baik menghasilkan karya yang biasa-biasa saja tapi asli ketimbang karya yang luar biasa tapi hasil karya orang lain. Karena plagiat itu tidak akan mendatangkan kepuasan, apalagi bagi kita seorang desainer.

Semoga saja artikel Share pengalaman projek desain logo travel bernuansa islami ini dapat menjadi inspirasi bagi sobat-sobat semua. Jangan pernah berhenti untuk berkarya dan membuat dunia ini menjadi lebih indah dengan ide-ide yang datang dari kalian. Sampai jumpa!

Post a Comment