Tutorial Cara Membuat Dokumen Baru di Adobe Illustrator

Assalamu'alaikum sobat semua!

Tau Adobe Illustrator gak? Adobe Illustrator adalah salah satu aplikasi desain berbasis vektor buatan Adobe. Nah aplikasi ini dikhususkan untuk mempelajari atau membuat karya-karya yang berkaitan dengan vektor. Beda ya sama Photoshop, kalau di photoshop dikhususkan untuk mengedit/memanipulasi gambar (foto), sedangkan di Illustrator dikhusukan untuk membuat karya-karya seperti logo, vektor kartun, icon, dll. Sudah ngerti bukan? Itu sekilas saja ya, untuk artikel lebih lengkap tentang perbedaan Ps dengan Ai akan saya jabarkan dilain kesempatan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan belajar cara membuat Dokumen baru di Illustrator. Jadi sebelum mulai membuat sebuah desain, wajib untuk membuat sebuah dokumen baru.

Oke langsung saja, pertama buka dulu aplikasi Adobe Illustratornya.

Klik File - New atau bisa dengan menekan Ctrl + N, maka akan muncul Sebuah kotak.

kotak new document

Penjelasan nomor :

1. Name : Nama dokumen yang akan kita gunakan

2. Profile : Fitur in untuk mengatur dokumen kita untuk keperluan web, print, dll.

3. Number of Artboards : Jumlah artboard yang akan kita buat dalam 1 dokumen. Biasanya saya gunakan fitur ini ketika akan mendesain icon set.

4. Arrows : Fitur ini hanya akan aktif saat sobat ingin membuat lebih dari 1 artboard dalam 1 dokumen. Fitur ini untuk mengatur arah letak artboard selanjutnya.

5. Spacing : Sama seperti difitur Arrows, fitur spacing ini hanya akan aktif ketika membuat lebih dari 1 artboard dalam 1 dokumen. Fitur ini adalah untuk mengatur jarak antar artboard.

6. Columns : Ini adalah jumlah columns artboard yang akan kita buat nanti. Jumlah columns biasanya ter-set otomatis sesuai jumlah artboard yang kita gunakan.

7. Size : Adalah tempat untuk memilih ukuran artboard yang akan digunakan, pada settingan defaultnya tersedia ukuran-ukuran yang sering digunakan seperti A4, A3, dll.

8. Width : Untuk mengatur lebar dari artboard.

9. Units : Adalah satuan ukuran yang ingin digunakan dalam membuat artboard. Saya sendiri sering menggunakan Centimeter (Cm).

10. Height : Untuk mengatur tinggi dari artboard.

11. Orientation : Untuk mengatur tampilan artboard, apakah portrait (tegak) atau landscape (miring).

12. Color Mode : Jenis mode warna yang ingin digunakan, saya sendiri sering menggunakan RGB dan CMYK.

13. Raster Effect : Fitur ini untuk mengatur kerapatan piksel ketika sudah disimpan ke bentuk raster (image)

14. Preview Mode : Mengatur preview berupa pixel, overprint. Saya sering membiarkan settingan ini dalam mode default.

15. Templates : mengimport artboard dari sebuah template yang sudah pernah dibuat/tersedia.

Nah setelah semua pengaturan diatas selesai sobat atur (atur sesuai kebutuhan), Lalu terakhir klik OK. Maka sobat sudah membuat sebuah artboard baru.

Sebenarnya cara membuat dokumen baru di Adobe Illustrator sama saja seperti membuat dokumen baru di aplikasi-aplikasi lainnya seperti Photoshop, Corel Draw, MS. Word, dan aplikasi serupa lainnya.

Untuk sobat semua, silahkan mencoba, selamat berkarya dan terima kasih sudah berkunjung ke blog muammarkhalid.com. Semoga artikel Tutorial Cara Membuat Dokumen Baru di Adobe Illustrator bermamfaat untuk sobat semua.
Wassalam :)

Post a Comment