Tutorial Cara Menggunakan Group dan Expand di Adobe Illustrator

Assalamu'alaikum, ketemu lagi bersama saya KK alias Kang Khalid di blog Muammarkhalid.com ini.

Kali ini kita akan belajar tentang bagaimana cara menggunakan fungsi group dan expand di adobe illustrator. Fungsi dari group dan expnd tentu sangat banyak. Tapi saya tidak menjabarkannya disini satu-satu, karena nanti pasti akan temui sendiri fungsi dari group dan expand tersebut.

Group dan Ungroup Objek

Sobat bisa menggabungkan beberapa objek menjadi sebuah grup dan dapat mengeditnya seperti sebuah objek. Sebagai contoh, jika sobat menggabungkan beberapa objek dalam sebuah logo, sobat bisa memindahkan atau meresize logo tersebut dalam 1 kesatuan.

Jika sobat menggabungkan beberapa objek yang berada dalam layer yang berbeda, maka objek tersebuat nantinya akan berada dalam 1 layer yang sama. Biasanya semua objek tersebut ketika di group akan berada pada layer teratas dari salah satu objek yang digabungkan tadi. Dan ketika sobat meng-ungroup obejk-objek itu kembali, objek tersebut tidak akan kembali ke layer awal, tetapi tetap berada di layer hasil grup tadi.

Cara menggunakan group adalah :

Seleksi objek-objek yang ingin sobat gabungkan lalu tekan (Ctrl + G) atau sobat bisa pilih Object - Group atau juga bisa dengan cara klik kanan lalu pilih Group.

Cara Ungroup :

Seleksi group tadi, klik kanan lalu pilih Ungroup

Expand Objek

Expand objek adalah mengubah sebuah objek tunggal menjadi objek yang banyak. Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah :

Sebelum dan sesudah expand

Gambar sebelah kiri adalah objek sebelum di expand sedangkan sebelah kanan adalah objek yang sudah di expand. Perbedaannya adalah pada objek sebelah kiri, bagian yang berwarna maroon masih berupa stroke, sedangkan bagian yang berwarna maroon di sebelah kanan sudah berupa fill shape.

Fungsi lain dari expand ini adalah apabila menggunakan font hasil installan di laptop sobat (bukan font bawaan), maka sebaiknya font tersebut ketika digunakan pada desain harus di expand terlebih dahulu. Kenapa? karena jika sobat membuka desain sobat tersebut di laptop lain yang tidak memiliki font yang sobat gunakan tadi, maka fontnya akan hilang atau berganti dengan font default (kalau di illustrator biasanya font Myriad Pro).

Cara Menggunakan Expand :

Seleksi objek yang ingin di expand.

Pilih menu Object - Expand

Jika objek yang ingin sobat expand memiliki atribut appearance (misalnya objek hasil penambahan efek rounded), maka objek tersebut harus di expand appearance terlebih dahulu.

Caranya yaitu Seleksi objek, lalu pilih menu Object - Expand Appearance baru kemudian sobat pilih menu Object lagi dan pilih Expand.

Setelah memilih Expand akan keluar sebuah kotak seperti gambar dibawah :
kotak expand

Object : Expand objek yang kompleks seperti (live blends, envolopes, symbol sets dan flares)
Fill : Expand Fill
Stroke : Expand Strokes
Gradient Mesh : Expand gradient menjadi sebuah objek
Specify : Memiliki pengaturan khusus yang spesifik

Nah, sudah mengerti bukan cara menggunakan group dan expand di illustrator? Kalian benar-benar harus menguasainya karena ini adalah fitur yang sangat sering digunakan dalam proses desain nanti. Dan semoga saja artikel Tutorial Cara Menggunakan Group dan Expand di Adobe Illustrator ini berguna untuk kalian.

Jika ada yang tidak kalian pahami, silahkan meninggalkan pertanyaan di kolom komentar dibawah. Terima kasih sudah berkunjung :)

Post a Comment